Sabtu, 03 Agustus 2019

Jenis jenis tari

Jenis jenis tari
Tari adalah suatu bentuk gerak tubuh yang diselaraskan dengan alunan musik. Biasanya dalam gerakan tari memiliki makna tersendiri dan memiliki fungsi tertenntu. Tari dapat dikelompokan berdasarkan beberapa kriteria seperti, 
        1. Berdasar jumlah penari 
      Berdasarkan jumlah penarinya, tari dapat dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu :
                   A. Tari tunggal (solo)
                 Yaitu tari yang diperankan oleh satu orang, baik laki laki maupun perempuan. Contohnya adalah Tari Gatotkaca Gandrung dari Jawa Tengah.
                   B. Tari berpasangan (duet)
                 Yaitu tari yang diperankan oleh dua orang baik oleh sesama laki laki, sesama perempuan, maupun laki laki dengan perempuan. Contohnya adalah Tari Topeng dari Jawa Barat.
                   C. Tari berkelompok (grup)
                  Yaitu tari yang diperankan oleh sekelompok orang. Baik itu perempuan semua, laki laki semua, maupun campuran antara laki laki dan perempuan. Contohnya adalah Tari Saman dari Aceh. 
         2. Berdasarkan aliran/genre
      Berdasarakan genrenya, tari dibedakan menjadi
                    A. Tari kontemporer
                 Yaitu tarian yang mengggunakan gerakan unik, simbolik, dan mengandung pesan tertentu. Musik yang digunakan mulai dari musik yang sederhana, orkestra sampai musik flutyloops dari teknologi digital. Kostum yang digunakan juga tak kalah unik yang disesuaikan dengan tema tariannya.
 Contoh dari tari kontemporer adalah Tari Setan Bercanda, Tari Yapong, dan Tari Barong barongan. 
                    B. Tari kreasi baru
                  Yaitu tarian yang sudah dikembangkan oleh seorang koreografer sehingga gerak tarinya sudah terlepas dari gerakan bakunya. Sementara itu, tari kreasi baru dibedakan lagi menjadi  
                      # tari kreasi baru  pola tradisi    
                     Yaitu tari kreasi yang mendapatkan sentuhan tradisional. Mulai dari alunan musik, kostum, maupun gerakannya terdapat sentuhan tradisional.
                     #tari kreasi tradisi pola nontradisi
                     Yaitu tari kreasi yang tak sedikitpun mendapat sentuhan tradisional sehinggga tari kreasi ini sering disebut tarian modern.
                    C. Tari tradisional
                     Yaitu tarian yang diwariskan secara turun temurun dan mengandung banyak nilai nilai, simbol, dan unsur unsur religius. Tari tradisional tetap di lestarfikan dan menjadi budaya. Tari tradisional dibedakan menjaadi beberapa kelompok, yaitu
                     #tari tradisional klasik
           Tari Tradisional Klasik merupakan tarian tradisional yang dikembangkan oleh kalangan bangsawan istana atau keraton. Tarian ini sudah baku dan tidak boleh diubah gerakannya. Ciri gerakan tari tradisional kalsik adalah anggun atau berwibawa dengan kosum yang mewah. Tarian seperti ini biasanya digunakan dalam upacara adat maupun penyambutan tamu kehormatan. Contoh tari tradisional klasik adalah Tari Bedhaya Srimpi dari Jawa Tengah dan Tari Sang Hyang dari Bali.
                     #tari tradisional kerakyatan
          Tari Tradisional Kerakyatan merupakan tarian tradisional yang dikembangkan oleh kalangan rakyat biasa. Tarian ini memiliki gerakan yang tidak terlalu baku dan bisa diimprove. Baik ragam gerakan maupun kostum yang digunakan tergolong sederhana. Tarian tradisional kerakyatan biasanya ditarikan dalam upacara perayaan dan sebagai tari pergaulan. Contoh tari tradisional kerakyatan adalah Tari jaipong dari Jawa Barat dan Tari Lilin dari Sumatera Barat.
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar